MENGENAL MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH



Iman kepada malaikat adalah salah satu rukun iman yang ke dua setelah iman kepada Allah. Maka pada kesempatan kali ini mari kita sama-sama mengenal apa sih malaikat itu? Apa saja sifat-sifat para malaikat? Apa saja tugas-tugas malaikat? 
Kata malaikat merupakan jamak dari kata Arab malak (ملاك) yang berarti kekuatan. Jadi, malaikat adalah kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah. iman kepada malaikat adalah bagian dari rukun iman, keimanan tersebut secara naqli berdasarkan firman Allah swt. dalam QS. al-Baqarah/2: 285:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ                                                               
Terjemahan:
Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali".

Adapun sifat-sifat malaikat adalah sebagai berikut:
  1. Diciptakan dari Nur (cahaya). Sebagaimana sabda rasulullah Saw. "Malaikat-malaikat itu diciptakan dari cahaya, jin dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang telah diterangkan kepadamu semua." (H.R. Muslim).
  2. Taat dan berbakti kepada Allah, sebagaimana firman-Nya dalam surah at-Tahrim ayat 6. "....penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkannya." (QS. at-Tahrim/66:6).
  3. Dapat berubah bentuk seperti manusia, sebagaimana dijelaskan dalm Al-Qur'an surah Maryam 16-17 dan Hud ayat 69.
  4. Selalu bersujud kepada Allah, sebagaiman firman-Nya dalam Al-Qur'an surah al-Hijr ayat 30 "Maka bersujudlah, para malaikat itu semuanya bersama-sama." (QS. al-Hijr/15: 30).
  5. Senantiasa bertasbih, sebagaimana firman Allah dalam surah al-Anbiya ayat 20 "Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya." (QS. al-Anbiya/21: 20).
  6. Tidak merasa letih untuk menyembah Allah, sebagaimana firman-Nya dalam surah Al-Anbiya ayat 19 ".... Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh menyembah-Nya dan tiada pula merasa letih." (QS.al-Anbiya/21:20).
  7. Tidak sombong (takabbur) sebagaimana firmannya dalam surah An-Nahl ayat 49 "Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua mahluk yang melata di bumi dan juga para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri." (QS. an-Nahl/16: 49).
  8. Memberi salam kepada ahli surga sebagaimana firman-Nya "yaitu surga 'adn yang mereka masuk kedalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang shaleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya, dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ketempat-tempat mereka dari semua pintu, (sambil mengucapkan) 'salamun 'alaikum bima shabartum' maka alangkah bainya tempat kesudahan itu" (QS. ar-Ra'd/13:23-24).
  9. Memohon ampunan untuk orang-orang beriman. Firman Allah QS. al-Mukmin/40:  7.
  10. Tidak berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. 
  11. Tidak memiliki hafa nafsu, tidak makan, minum, dan tidur.
  12. tidak mati sebelum datagnnya kiamat.
   
Adapun nama-nama malaikat Allah adalah sebagai berikut:
  1. Malaikat Jibril, disebut juga Ruhul qudus atau Ruhul Amin. Bertugas menyampaikan wahyu dari Allah kepada para nabi dan rasul sejak Nabi Adam as. hingga Nabi Muhammad Saw. Malaikat jibril pula yang mengantarkan (mengawal) Nabi Muhammad saw. ketika melakukan Isra Mi'raj.
  2. Malaikat Mikail, bertugas mengatur dan menyampaikan rezeki kepada seluruh makhluk Allah, termasuk juga mengatur hujan, angin, dan bintang-bintang. Di samping itu, Malaikat Mikail pula yang mendampingi Malaikat Jibril ketika membedah dada Nabi Muhammad saw. dan menyucikan dengan air zam-zam. Juga mendampingi malaikat jibril mengantar Nabi Muhammad saw. dalam Israj Mi'raj.
  3. Malaikat Israfil,  bertugas meniup sangkakala disaat manusia dibangkitakan dari kubur. 
  4. Malaikat Izrafil,  bertugas mencabut nyawa seluruh mahluk termasuk malaikat, manusia, jin, dan nyawanya sendiri. maka ia disebut juga dengan malaikat maut.
  5. Malaikat Raqib,  bertugas mencatat amal kebaikan yag dilakukan manusia sejak aqil baliq selama hidupnya.
  6. Malaikat Atid,  bertugas mencatat amal kejahatan selama hidupnya. 
  7. Malaikat Mungkar, bertugas menjaga alam kubur, sekaligus sebagai penanya kepada manusia di alam kubur. 
  8. Malaikat Nakir, tugasnya sama dengan malaikat Mungkar, menanyakan manusia tentang enam pokok permasalahan, yakni Tuhan, agama, nabi, kitab, kiblat, dan saudara (maksudnya siapapun itu selama kita satu agama, satu akidah, itulah saudara kita.) 
  9. Malaikat Malik, bertugas menjaga pintu neraka. 
  10. Malaikat Ridwan, bertugas menjaga pintu surga. 
Sebenarnya sangat banyak malaikat-malaikat Allah tapi itulah 10 nama malaikat dan tugasnya masing-masing yang wajib diketaui dan dipercayai oleh setiap orang yang beriman.  sedangkan malaikat-malaikat lainnya hanya cukup diyakini saja keberadaannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Segala bentuk saran dan kritik yang membangun sangat dibutuhkan.