PENTINGNYA SHOLAT


Assalamualaikum Wr. Wb

Sahabat-sahabat sekalian, di zaman sekarang ini seiring semakin berkembangnya teknologi, kitapun semakin lalai dalam sholat kita, kita sering meninggalkan sholat 5 waktu. Sahabat ingatlah bahwa sholatlah yang menandakan seorang apakah ia muslim atau tidak, sebagaimana sabda Rasulullah Saw


العَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ الصَّلَاةُ، فَمَنْ تََرَكَهَا فََقَدْ كََفََرَوَعَنْ بُرَيْدَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ النَبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قََالَ:  

Dari Buraidah r.a dari Nabi Saw bersabda: Ikatan janji di antara kami (umat islam) dengan mereka (orang-orang kafir) adalah shalat. Maka barang siapa yang meninggalkan shalat, berarti dia telah menjadi kafir.”  (HR al-Tirmizi dan ia mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan sahih) (Riyadhus Shalihin 1079)

Maka dari itu sahabat sekalian, jikalau kita mengaku islam maka sholatlah. Karena tidak akan ada haji, tidak akan ada zakat, tidak akan ada puasa atau amalan apapun itu yang akan diterima oleh Allah Swt jikalau kita tidak melaksanakan sholat. Karena sholat adalah kunci dari segala amalan ibadah, sholatlah amalan yang pertama kali dihisab oleh Allah Swt di hari kiamat nanti, jikalau baik sholatnya maka diterima seluruh amalannya dan jikalau buruk sholatnya maka tertolak seluruh amalannya, sebagaimana sabda Rasulullah Saw:

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ

Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya.

Sahabat sekalian, tidak kah cukup bagi kita mengetahui betapa pentingnya perkara sholat sehingga perintah sholat itu diberikan kepada Nabi Muhammad Saw itu tanpa melalui malaikat Jibril tapi langsung diberikan oleh Allah SWT di langit ke-7 dengan perjalanan yang sangat luarbiasa. maka dari itu sahabat sekalian, marilah kita senantiasa melaksanakan sholat, menjaga sholat kita dengan sebaik-baiknya, karena kapan lagi kita mau bergabung kepada saf-saf orang yang sedang sholat berjamaah kalau bukan sekarang. Tidak ada jaminan sahabat sekalian bahwa kita akan hidup sampai hari esok, bayangkan sajalah bagaimana nasib kita, apa yang akan kita pertanggung jawabkan di akhirat kelak andaikata suatu malam kita tertidur tanpa melaksanakan sholat, dan kemudian esoknya ternyata kita sudah terbangun di alam yang lain dengan siksaan yang menunggu kita. Sungguh celakanya jika itu terjadi, maka sahabat sekalian marilah kita mendekat kepada Allah SWT, bersujud memohon ampunan-Nya, jangan lagi kita membuang-buang waktu yang Allah berikan, karena waktu terus berjalan dan kita semakin kehabisan waktu, jangan sampai waktu kita di dunia habis barulah kita sadar betapa pentingnya sholat itu. Karena saat itu terjadi maka semuanya hanyalah tinggal kenangan dan penyesalan.

Wassalamualaikum Wr. Wb

0 komentar:

Posting Komentar

Segala bentuk saran dan kritik yang membangun sangat dibutuhkan.